Kamis, 25 Juli 2024

Ketahui Manfaat Meditasi Mampu Redakan Nyeri Punggung

| Kamis, 25 Juli 2024

 Kamis, 25 Juli 2024

“Meditasi dapat meredakan sakit punggung serta mengurangi kecemasan seputar rasa sakit. Meditasi membantu seseorang untuk melatih cara pandang mereka terhadap rasa sakit.”

Ketahui Manfaat Meditasi Mampu Redakan Nyeri Punggung

nuansaradiobojonegoro.com, Meditasi merupakan satu teknik untuk memusatkan pikiran dan mempertajam fokus seseorang. Selain bisa membuat tubuh lebih rileks, meditasi rupanya mampu meredakan nyeri punggung. 

Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terdengar mustahil. Sebab bagaimana mungkin hanya dengan duduk, mengatur napas, dan memfokuskan pikiran, rasa nyeri di punggung bisa mereda. 

Jika kamu salah satu orang yang juga mempertanyakan hal tersebut, sebaiknya simak informasi selengkapnya di bawah ini mengenai manfaat meditasi untuk meredakan nyeri punggung. 

Apa Itu Meditasi? 

Meditasi merupakan sebuah teknik untuk menjernihkan pikiran, serta mempertajam fokus dan perhatian seseorang. Biasanya teknik ini dilakukan dengan duduk, kemudian memejamkan mata sambil mengatur napas. 

Umumnya meditasi dilakukan selama 20 menit setiap harinya, atau di saat rasa cemas datang. Tapi jika kamu sedang dalam kondisi sibuk, meditasi bisa dilakukan selama 10-15 menit, hingga tubuh terasa nyaman dan tenang. 

Meditasi Mengubah Cara Pandang Terhadap Rasa Sakit

Meditasi sering menjadi upaya untuk menyadari sensasi tubuh, pikiran, serta emosi yang ada, tanpa berusaha mengubahnya. 

National Institutes of Health menyebut bahwa, tubuh dan pikiran benar-benar saling terkait. Ini bahkan telah dibuktikan dengan adanya penelitian neurologis, yang menyebut kalau cara berpikir seseorang dapat memengaruhi respon terhadap rasa sakit di tubuh. 

Meditasi membantu seseorang mengelola pikiran dan emosinya. Secara tidak langsung, hal ini juga bisa dilakukan untuk membantu para penderita nyeri punggung dalam mengelola rasa sakitnya. 

Menurut The American College of Physicians, meditasi termasuk dalam salah satu terapi perilaku kognitif yang banyak direkomendasikan kepada dokter, untuk dipertimbangkan sebagai bagian dari perawatan nyeri punggung. 

Pada intinya, terapi ini akan membantu seseorang untuk melatih cara pandang mereka terhadap rasa sakit. Jadi rasa sakit yang sebelumnya dianggap mengerikan bahkan bisa menghancurkan hidup, bisa diubah menjadi cara pandang yang lebih baik. 

Membantu Atasi Rasa Sakit dari Aspek Psikologis dan Sosial 

Menurut sebuah penelitian berjudul Brain Mechanisms Supporting the Modulation of Pain by Mindfulness Meditation yang dipublikasikan oleh National Institutes of Health, meditasi memungkinkan pengidap nyeri kronis untuk mengendalikan penyakit yang telah lama mengendalikan mereka dan kualitas hidupnya. 

Jadi tak hanya nyeri punggung, cara ini juga berlaku untuk kondisi kronis dan nyeri lainnya seperti leher, radang sendi, bahu, hingga fibromyalgia. 

Berbeda dengan obat pereda nyeri, meditasi mengatasi rasa sakit dari aspek psikologis dan sosial. Meditasi dapat mengobati rasa sakit dari setiap tingkat dan mengurangi kecemasan seputar rasa sakit. 

Dengan begitu, orang yang sakit jadi  lebih rileks dan bisa mengendalikan kondisi emosional serta rasa nyerinya. 

Apa yang Harus Dilakukan saat Nyeri Punggung?

Selain meditasi, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut untuk mengatasi nyeri punggung:

  • Tetap berusaha untuk bergerak aktif. Sebab jika tubuh hanya digunakan untuk tidur atau berbaring, hal ini justru bisa memperparah kondisi sakit punggung yang kamu alami. 
  • Lakukan latihan dan peregangan yang ringan, misalnya dengan berjalan kaki, yoga, atau berenang. 
  • Gunakan kompres dingin atau panas, terutama di area punggung yang terasa nyeri. 

 

Sumber : halodoc.com

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar